program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

2016
06.15

pgsd

program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) akan mendapatkan dukungan dari sistem, sarana dan prasarana yang telah ada dan dikembangkan di lingkungan civitas akademika UEU yang meliputi pengembangan jiwa kewirausahaan dan trampil memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) melalui pembelajaran hybrid learning. Terdapat bidang-bidang dari fakultas di lingkungan Universitas Esa Unggul yang berpotensi untuk turut berkontribusi pada pengembangan Program Studi PGSD yang memiliki ciri khusus seperti unggul dalam bidang kesehatan, bidang psikologi, dan bidang ilmu komputer dan komunikasi.

Oleh karena itu, mata kuliah yang diberikan pada program studi PGSD, selain mata kuliah yang dikelola oleh universitas yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Agama, Pendidikan Kewarganegaraan dan Pancasila, Matematika, Statistika, Pengantar Aplikasi Komputer, Sosial Budaya, dan Filsafat Ilmu, juga terdapat rumpun mata kuliah yang dikelola lintas fakultas seperti Psikologi Sosial, Psikologi Pendidikan, Aplikasi Komputer Tingkat Lanjut, Komunikasi dan Ilmu Kesehatan, Pengembangan disain pembelajaran berbasis web. Sedangkan mata kuliah lainnya yang dikelola oleh PS PGSD minimal 60% dari total seluruh mata kuliah yang harus ditempuh.

Profil Lulusan Program Studi PGSD

  1. Lulusan yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berkepribadian yang ditunjukkan dengan prilaku guru sekolah dasar yang mengutamakan nilai-nilai disiplin, arif, bijaksana, hidup sehat dan bugar.
  2. Lulusan yang mampu merancang, melaksanakan dan menilai proses pembelajaran di sekolah dasar yang mengacu pada pencapaian tujuan belajar baik aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik.
  3. Lulusan yang menguasai materi pembelajaran, metodologi pembelajaran dan dapat merancang media pembelajaran yang interaktif yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran operasional konkrit di tingkat sekolah dasar.
  4. Lulusan yang menguasai ilmu mendidik sehingga dapat menerapkan didaktik-metodik dalam menumbuhkembangkan peserta didik di tingkat sekolah dasar.
  5. Lulusan yang mampu mengembangkan bidang keilmuannya melalui penelitian tindakan kelas berbasis pendidikan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan IPTEK, berwawasan global, kreatif, dan inovatif.
  6. Lulusan yang mampu berkomunikasi empatik dan berjiwa kewirausahaan serta memenuhi kebutuhan masyarakat di tingkat sekolah dasar.

Profil lulusan di atas mengacu pada Standar Kompetensi Guru Kelas (SKGK) SD/MI yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Your Reply